Halaman

Kamis, 29 November 2018

OTOMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Perpustakaan sekolah bertujuan menyediakan pusat sumber belajar sehingga dapat membantu pengembangan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat serta kemampuan peserta didik. Dengan demikian membutuhkan pengelolaan perpustakaan yang efektif dan efesien, salah satunya dengan otomasi perpustakaan sekolah.

Banyak program otomasi perpustakaan gratis yang berkembang dewasa ini, seperti SLIMS, INLISLITE dan SCHILS. Dalam pengembangan program otomasi perpustakaan sekolah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yang meliputi :

  1. HARDWARE, merupakan penyiapan perangkat kerasnya, seperti : PC server, PC client, Hub atau switch, kabel UTP dan RJ45, Tang crimping, printer, scanner barcode.
  2. SOFTWARE, merupakan penyiapan program otomasi, seperti : windows, office, pdf, note++, xampp, SLiMS, SCHiLs, Inlislite
  3. BRAINWARE, merupakan penyiapan sumberdaya manusia, seperti administrator, operator dan user
setelah semua kebutuhan otomasi perpustakaan sudah siap, maka langkah berikutnya adalah instalasi program otomasi perpustakaan, sebagai berikut :

1.  Instalasi xampp, Aplikasi XAMPP ini dibuat oleh Apache Friends dan installer-nya bisa               langsung diunduh dari situs mereka. Isi aplikasinya juga sudah sangat komplit, antara lain: Apache,   MySQL, PHP, phpMyAdmin, FileZilla FTP Server, Tomcat, XAMPP Control Panel, Download     aplikasi XAMPP  klik disini.

         Adapun langkah instalasinya sbb :

  • Dobel klik file XAMPP yang baru saja Anda download, nanti selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:
  • Berikutnya akan muncul jendela yang isinya meminta Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, maka klik tombol Next.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Namun jika Anda ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.
  • Tunggu beberapa menit hingga proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.

          Sedangkan langkah menjalangkan xampp, sbb :
  • Bukalah aplikasi XAMPP, bisa melalui Start Menu atau Desktop, dan klik icon XAMPP.
  • Setelah terbuka, silahkan klik tombol Start pada kolom Action sehingga tombol tersebut berubah menjadi Stop. Dengan mengklik tombol tersebut, artinya itulah aplikasi yang dijalankan. Biasanya jika saya menggunakan XAMPP, yang saya start hanyalah aplikasi Apache dan MySQL, karena saya tidak memerlukan aplikasi seperti Filezilla, dan lain-lain

  • Sekarang bukalah browser kesukaan Anda, dan coba ketikkan http://localhost/xampp di address bar. Jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, instalasi telah berhasil.

        Sekarang komputer Anda sudah berfungsi seperti server dan bisa menjalankan            aplikasi-aplikasi berbasis web

2. Instalasi Slims, Senayan Library Management System (SLiMS) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) dengan sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Nasional. Seiring perkembanganwaktu, aplikasi ini kemudian dikembangkan oleh komunitas pengguna dan penggiatSLiMS. Aplikasi SLiMS dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, SLiMS mendapat penghargaan tingkat pertama dalam ajang INAICTA 2009 untuk kategori open source, download disini, 

Adapun Fitur SLiMS, meliputi :
  • Online Public Access Catalog (OPAC) dengan pembuatan thumbnail yang di-generate on-thefly.
  • Thumbnail berguna untuk menampilkan cover buku.
  • Mode penelusuran tersedia untuk yang sederhana (Simple Search) dan tingkat lanjut (Advanced Search).
  • Detail record juga tersedia format XML (Extensible Markup Language) untuk kebutuhan web service.
  • Manajemen data bibliografi yang efisien meminimalisasi redundansi data.
  • Manajemen masterfile untuk data referensial seperti GMD (General Material Designation), Tipe Koleksi, Penerbit, Pengarang, Lokasi, Supplier, dan lain-lain
  • Sirkulasi dengan fitur: Transaksi peminjaman, pengembalian, reservasi kolek-si, aturan peminjaman yang fleksibel, Informasi keterlambatan dan denda.
  • Manajemen keanggotaan.
  • Inventarisasi koleksi (stocktaking).
  • Laporan dan Statistik.
  • Pengelolaan terbitan berkala (Kardex).
  • Dukungan pengelolaan dokumen multimedia (.flv,.mp3) dan dokumen digital lainnya. Khusus untuk pdf dalam bentuk streaming.
  • Senayan mendukung beragam format bahasa termasuk bahasa yang tidak menggunakan penulisan selain latin.
  • Menyediakan berbagai bahasa pengantar (Indonesia, Inggris, Spanyol, Arab,Jerman).
  • Dukungan Modul Union Catalog Service.
  • Counter Pengunjung perpustakaan.
  • Member Area untuk melihat koleksi yang sedang dipinjam oleh anggota.
  • Modul sistem dengan tur: Kon gurasi sistem global, Manajemen modul,
  • Manajemen User (Staf Perpustakaan) dan grup, Pengaturan hari libur, Pem-buatan barcode otomatis, Utilitas untuk backup.
  • Copy cataloguing dengan protocol z39.50 dan p2p service.
  • Pemberitahuan surat keterlambatan peminjaman melalui e-mail dengan menggunakan mail server.

Adapun langkah istalasinya sbb :

  • Lakukan extraksi file psenayan3.13.zip atau psenayan3.14.zip tersebut dengan memilih opsi extract here
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses extraksi file selesai dan hasilnya adalah sebuah folder bernama psenayan
  • Buku folder psenayan, kemudian jalankan apache_start dan mysql_start dengan cara melakukan double click
  • Buka aplikasi perambah (web browser), disarankan menggunakan Mozilla Firefox versi 3 ke atas
  • Tuliskan alamat url http://localhost atau http://127.0.0.1 kemudian enter
  • Apabila berhasil, maka akan muncul tampilah halaman OPAC
3. Instalasi Schils, (School Integrated Library System) adalah sistem automasi perpustakaan berbasis SLiMS yang khusus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perpustakaan sekolah, dan telah dilengkapi dengan koleksi digital Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Buku Cerita Rakyat yang diterbitkan oleh Kemendikbud.
SchILS merupakan sistem automasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Perpustakaan Kemendikbud (Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat/BKLM), Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom), dan SLiMS Developer Community (SDC). Laman Resmi SchILS dapat diunduh pada laman: psbsekolah.kemdikbud.go.id Namun ukuran nya sangat besar, karena di dalamnya terdapat ebook banyak sekali. detail besarannya adalah sebagai berikut :

untuk versi ringanya, silahkan download di https://archive.org/details/schils

Adapun langkah instalasinya, sbb :

  • extrak file schils.zip di : xampp/htdocs, Untuk pengguna linux di : var/www/html
  • Dari proses ekstraksi terbentuklah folder schils, Langkah selanjutnya adalah membuat database
  • Menujulah ke halaman phpmyadmin, ketik localhost/phpmyadmin pada browser
  • Lalu, buat lah database, dengan nama schils_db, lalu klik tombol create


  • Setelah terbentuk, klik tab impor. Masukkan databasenya letak database ada di folder schils/ SQL Import, pilih schils.sql


  • Klik GO
  • Saatnya mengatur konfigurasi database. Buka lah file file ini : permintaan_buku_config.php, suggestion_box_config.php, sysconfig.local.inc.php
  • aturlah sesuai informasi yang ada, misal

       define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);
       define(‘DB_NAME’, ‘schils_db’);
       define(‘DB_USERNAME’, ‘root’);
       define(‘DB_PASSWORD’, ”);
keterangan :
       DB Host : localhost
       db name : schils_db ( sesuai nama database yang kita buat)
       username : root (atau sesuai yang kita buat)

       db Pssword : Pasword phpmyadmin atau akun database kita

4. Instalasi Inlislite, dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh Perpustakaan Nasional RI dalam rangka menghimpun koleksi nasional dalam jejaring Perpustakaan Digital Nasional Indonesia, disamping membantu upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia yang didasarkan pada :

  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  • Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan;
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1990 Tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Rekam
download di sini http://inlislite.perpusnas.go.id/?read=installerphp

Adapun langkah instalasinya sbb :

  • Sebelum mulai menggunakan aplikasi, pastikan aplikasi INLISLITE V3 sudah terinstall atau terkonfigurasi pada perangkat kerja (komputer) , klik shortcut aplikasi INLISLITE, selanjutnya akan tampil aplikasinya seperti di bawah ini:


  • Setelah kita klik link BACKOFFICE, akan tampil halaman LOGIN aplikasi INLISLITE seperti pada gambar di bawah ini:


  • isilah Username : Inlislite dan Password : Inlislite=
  • Jika hasil verifikasi User NAME dan Pasword yang diisi sesuai, maka anda akan masuk ke halaman utama (BERANDA) aplikasi seperti terlihat pada contoh berikut:


  • Sekarang anda sudah siap menggunakan aplikasi.

Adapun tampilan program otomasi perpustakaan sekolah, hasilnya sebagai berikut :









untuk mencoba silahkan berkunjung ke https://perpus.smkn2bogor.sch.id, semoga bermanfaat









0 comments: