Halaman

Kamis, 28 Juli 2022

DAFTAR HADIR DAN AGENDA PEMBELAJARAN BERBASIS GWE

A. PENGANTAR

Dalam usaha mempermudah pelaporan TRK bagi guru untuk kegiatan proses pembelajaran yang harus diuploap tiap hari, maka perlu dibuatkan aplikasi bukti kegiatan pembelajaran, salah satunya dengan membuat daftar hadir siswa dan agenda pembelajaran serta foto kegiatan.

Untuk membuat aplikasinya, menggunakan fasilitas Google Workspsce for Education (GWE), sehingga memudahkan dalam pemakaiannya dan bersifat gratis. Aplikasi ini dinamakan DHA_XXX, dimana DHA singkatan dari Daftar Hadir dan Agenda pembelajaran, dan XXX adalah nama kelasnya.

Secara umum urutan pembuatannya sebagai berikut :

    • Membuat folder penyimpanan data DHA, menggunakan Google Drive
    • Membuat format laporan DHA, menggunakan Google Dokumen
    • Membuat format pengisian data DHA menggunakan Google Formulir
    • Membuat format link pengiriman laporan DHA menggunakan Google Spreadsheet

 

B. MEMBUAT FOLDER  DHA_XXX

  • Buka Google Drive, Pilih tanda +, kemudian pilih Folder, tulislah namanya misal DHA_K01, dan klik buat

C. MEMBUAT FORM LAPORAN DHA_XXX

  • Buka Google Drive, pilih folder DHA_K01
  • Pilih tanda +, kemudian pilih Google dokumen tulislah nama file misal DHA_K01

  • Buatlah dokumen seperti contoh dibawah ini :

    • Mapel diisi nama mapel, misalnya PKWU
    • HARI / TANGGAL / JAM diisi dengan kode seperti ini <<HARI>> / <<TANGGAL>> /  <<JAM>>, 
    • AGENDA PEMBELAJARAN diisi dengan kode seperti ini <<KEGIATAN>>
    • Untuk Daftar hadir NO diisi nomor urut absen, NAMA diisi nama siswa dan KET diisi dengan kode <<[nama siswa]>>
    • Cigombong, diisi dengan kode seperti ini <<TANGGAL>>
    • Untuk tanda tangan klik sisipkan, pilih gambar, upload gambar tanda tangan yang sudah dibuat
    • LAMPIRAN : FOTO KEGIATAN diisi dengan kode seperti ini <<PHOTO>>

D. MEMBUAT FORM PENGISIAN DHA_XXX

  • Buka Google Drive, pilih folder DHA_K01
  • Pilih tanda +, kemudian pilih Google formulir tulislah nama file misal DHA_K01

  • Buatlah formulir seperti contoh dibawah ini :

  • Untuk menyebarkan link langkahnya Pilih kirim, pilih link, centang pendekan dan klik salin, dan kirim link tersebut

  • Buka linknya dan cobalah mengisi datanya, dan klik kirim

  • Buka Google formulir DHA_K01 pilih Jawaban, klik ikon spreadsheet, pilih menerima jawaban dan klik buat

E. MEMBUAT FORM LINK DHA_XXX

  • Buka Google Drive, pilih folder DHA_K01, kemudian pilih file DHA_K01 (Jawaban)

  • Untuk menginstall Autocrat, pilih Ekstensi, pilih Add On, kemudian pilih dapatkan add on, kemudian cari Autocrat, kemudian klik install dan ikuti langkahnya

 

  • Setelah terinstall tinggal membuat setingannya, pilih ekstensi, pilih Autocrat, pilih open

  • Langkah selanjutnya membuat Job baru, pilih new job, tulis nama filenya misal DHA_K01, pilih from drive, pilih file google dokumen DHA_K01, dan ikuti langkah selanjutnya

  • Untuk menampilkan foto kegiatan, langkah setingnya : buka file DHA_K01 (Jawaban), tambahkan perintah khusus di kolom S, sebagai berikut :

“(=arrayformula(if(row(A:A)=1;“PHOTO”;substitute(N:N;“open?”;“uc?export=view&”)))” 

  • Edit autocrat job DHA_K01 pada bagian FOTO dengan merubah stausnya menjadi image dan isiannya <<PHOTO>>, atur ukuran fotonya misalnya 500 x 500 dan klik save

  • Rubah setingan folder respon foto menjadi tidak dibatasi dan statusnya editor kemudian klik selesai

 

E. UJICOBA APLIKASI DHA_XXX

  • Buka link aplikasi DHA_K01, isilah datanya, kemudian kirim

  • Buka email anda, dan buka email masuknya

  • Hasilnya bisa digunakan untuk lampiran laporan TRK

Semoga bermanfaat.

0 comments: