A. PENGANTAR
Hal pertama kali yang harus dilakukan dalam memulai suatu usaha/bisnis adalah membuat perencanaan usaha, yang meliputi pengumpulan data yang berhubungan dengan jenis usaha yang akan dilakukan. Secara umum perencanaan usaha meRupakan langkah-langkah yang dipersiapkan dalam memulai usaha, yang meliputi : deskripsi produk, analisa pasar, sumber daya, pengelolaan dan pembiayaan.
Banyak model atau teknik yang digunakan dalam membuat perencanaan usaha, seperti analisa SWOT, proposal usaha, template perencanaan usaha, BMC, dll. Dalam kesempatan ini, akan dibahas mengenai perencanaan usaha menggunakan Template Perencanaan Usaha (TPU).
B. TEMPLATE PERENCANAAN USAHA (TPU)
Template Perencanaan Usaha (TPU) merupakan wadah atau alat untuk membuat perencanaan usaha dalam bentuk proposal usaha yang sederhana dan mudah. Perencanaan usaha merupakan hal pertama kali yang harus dibuat dalam memulai usaha, yang didalamnya memuat uraian singkat deskripsi bisnis, tujuan, proses produksi, pemasaran dan pembiayaan.
Secara umum template perencanaan usaha, terdiri dari 13 komponen, yaitu
- NAMA USAHA, berisi nama produk yang akan di buat, misalnya : “PAPER BAG MOTIF BUDAYA”
- SEJARAH SINGKAT, menjelaskan latar belakang pemilihan usaha, misalnya :
- Larangan penggunaan kantong plastik saat belanja di beberapa daerah, membuka peluang penggunaan kantong ramah lingkungan, salah satunya adalah paper bag
- Paper bag adalah tas sederhana berbahan dasar kertas, seperti white kraft/ivory, brown kraft/art carton dan samson, mempunyai daya tahan yang baik, adapun kekurangannya mudah rusak saat terkena air
- Fungsi paper bag : Sebagai Tas Serbaguna, Kemasan Produk, Ajang Promosi Usaha
- Peluang usaha paper bag motif budaya nusantara sangat tinggi, terutama untuk daerah wisata, toko souvenir, disamping itu juga ikut mempromosikan budaya nusantara
- VISI DAN MISI, merupakan mimpi dan apa yang akan dikembangkan, bisa juga dalam bentuk tagline, misalnya :VISI : “ Melestarikan warisan luhur budaya nusantara melalui paper bag yang ramah lingkungan ”MISI :
- Menyediakan Paper Bag dengan model yang multiguna, kualitas tinggi dan ramah lingkungan
- Mempromosikan warisan budaya nusantara dalam bentuk motif di paper bag
TAGLINE : “Warisan Luhur Nusantara”
- DESKRIPSI PRODUK/LAYANAN, merupakan gambaran secara umum tentang produk atau layanan yang diberikan, misalnya :
- Menawarkan berbagai macam varian produk paper bag dengan bahan berkualitas dan ramah lingkungan
- Menawarkan desain motif budaya nusantara sesuai pesanan
- Menawarkan paket penjualan grosir dan eceran
- Menawarkan paper bag serbaguna sesuai kebutuhan atau pesanan
- DESKRIPSI PROSES PRODUKSI PRODUK/LAYANAN, merupakan gambaran umum proses produksi, misalnya : Pembelian bahan baku paper bag, Desain model paper bag motif budaya nusantara, Pembuatan paper bag sesuai desain, Pengemasan sesuai model.
- SEGMEN DAN TARGET KONSUMEN, menentukan segmen dan target pasar yang akan digarap, misalnya : Segmen Konsumen, meliputi :
- Wisatawan domestik dan internasional
- Pengusaha makanan
- Pengusaha souvenir
- Pengusaha EO
Target Konsumen, meliputi :
- Tempat pariwisata
- Pusat perbelanjaan
- Event kegiatan
- PETA PERSAINGAN DAN KEUNGGULAN PRODUK, mengambarkan peta persaingan dan membandingkan kualitas produk dengan pesaing, misalnya :
- STRATEGI PROMOSI, menetukan model dan teknik promosi yang akan digunakan, misalnya :Saluran Promosi, meliputi :
- Media Sosial,
- Website,
- Event kegiatan
Strategi Harga, meliputi :
- Promo
- Diskon
- Harga khusus untuk Reseller
- JALUR DISTRIBUSI/PENJUALAN, menentukan jalur distribusi dan penjualan yang akan digunakan, misalnya :Online, meliputi :
- Media Sosial
- Website
- Toko Online
Offline, meliputi :
- Toko Souvenir
- Tempat Wisata
- Event Kegiatan
- TIM, menentukan sumber daya manusia yang digunakan beserta uraian kerjanya, misalnya :
- TARGET PENJUALAN, menentukan target penjualan untuk tiap tahun, misalnya :
Tahun 1, meliputi :
- Pendapatan 60 Juta
- 1 saluran pemasaran
Tahun 2, meliputi :
- Pendapatan 90 Juta
- 2 saluran pemasaran
Tahun 3, meliputi :
- Pendapatan 120 Juta
- 3 saluran pemasaran
- KEBUTUHAN INVESTASI, menentukan kebutuhan dan pengembangan investasi untuk tahun depan, misalnya ;
Tahun 1, meliputi :
- Pemenuhan peralatan produksi
- Pembuatan 1 saluran pemasaran online
Tahun 2, meliputi :
- Pemenuhan peralatan desain
- Pembuatan 2 saluran pemasaran online
Tahun 3, meliputi :
- Pengembangan Produk
- Pembuatan 3 saluran pemasaran online
- PENUTUP, untuk mengajak berbagai pihak yang sesuai (investor, pemasok, distributor, dll) untuk menjadi mitra bisnis kita, misalnya : Mari bermitra bersama kami untuk menjaga warisan luhur budaya nusantara dan menjaga kelestarian alam
C. PROJEK TEMPLATE PENYUSUNAN USAHA (TPU)
Untuk contoh projek template penyusunan usaha, menggunakan usaha kerajinan khas daerah dalam bentuk paper bag dengan motif budaya daerah, untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut ini :
Sedangkan untuk mempermudah pembuatan laporannya, dapat menggunakan aplikasi TPU yang menggunakan google form dan hasilnya langsung terkirim ke email yang didaftarkan, dibawah ini :
Selamat mencoba memulai bisnis dan semoga bermanfaat ……………………..
0 comments:
Posting Komentar